Sudah 8 Jam Terbakar, Begini Penampakan Kilang Balongan Indramayu

Sudah 8 Jam Terbakar, Begini Penampakan Kilang Balongan Indramayu

INDRAMAYU - Sudah 8 jam kilang minyak Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu kebakaran. Sejauh ini, api belum dapat dipadamkan. Kepulan asal masih membumbung tinggi.

Dari pantauan Radar Indramayu, sedikitnya kini 1.000 orang mengungsi di tiga lokasi yang disediakan. Mereka adalah penduduk dari radius 1-2 kilometer dari kilang yang terbakar.

Saat ini, lalu lintas dari Kabupaten Indramayu ke Cirebon dan sebaliknya dialihkan via Jalur Pantura. Sebab, Jl Soekarno Hatta juga ditutup untuk perbaikan. Sedangkan jalanan di dekat kilang dilarang dilewati kendaraan dan warga dilarang mendekat.

Kebakaran kilang minyak Pertamina RU VI Balongan masih diupayakan pemadaman. Seperti diketahui telah terjadi insiden di Kilang Pertamina Balongan yang menyebabkan terjadinya kebakaran pada tangki T-301G pada tanggal 29 Maret 2021 mulai sekitar pukul 00.45 dini hari.

Saat ini tim HSSE Kilang Pertamina Balongan tengah fokus melakukan pemadaman api di kilang yang berlokasi di Desa Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti, namun pada saat kejadian sedang turun hujan deras disertai petir.

Corporate Secretary Subholding Refining and Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional, Ifki Sukarya mengungkapkan, saat ini tengah dilakukan normal shutdown untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran.

Pertamina telah menyiapkan tempat untuk evakuasi dan pengungsoan sementara bagi warga sekitar di GOR Perumahan Bumi Patra dan Pendomo Kabupaten Indramayu.

Sementara itu, Bupati Indramayu, Hj Nina Agustina saat ini tengah meninjau pengungsi di Pendopo Indramayu ditemani Forkopimda dan Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Ahmad Dofiri. \"Mohon kepada masyarakat bersabar,\" kata bupati. (dun/yud)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: